Pelajaran Yang Paling Disenangi Anak

Apa pelajaran yang paling di senangi anak-anak sekarang?

Pelajaran jam kosong adalah jawabnya. Coba lihat ke beberapa tetangga dan sekilas kita tanyakan, pastilah akan menyebutkan pelajaran kosong, mungkin ada yang menjawab olah raga. Inilah fakta yang kita dapati saat ini, seharusnya semua mata pelajaran yang ada di sekolah itu menarik dan berhubungan dengan kehidupannya sehingga anak akan beramai -ramai memasuki kelas-kelasnya dengan penuh antusias. Sekarang ini sekolah seperti penjara bagi mereka. Siswa digiring menjadi sekelompok orang yang harus mempelajari sesuatu yang tidak di minati sama sekali.

Alangkah indahnya jika sekolah dapat memberikan cambuk kepada siswa agar selalu terpancing untuk mempelajari banyak hal yang tidak terbatas ( mata Pelajaran ) asalkan mereka mampu menjalaninya dengan dibungkus dengan sebuah arahan yang terprogram dan terstruktur, evaluasi dan monitoring dari seorang yang selalu membimbing, maka tentunya akan lebih efektif dan bermanfaat.
Alangkah indahnya lagi jika sekolah, merumuskan sebuah arahan yang bisa memberikan ruang kepada siswa untuk kreatif dan mandiri dalam belajarnya. kita ambil cntoh, ketika seorang anak sudah terlihat kecenderungannya menyenangi musik maka siswa tersebut diarahkan untuk lebih banyak melatihnya dalam jam sekolah, untuk mata pelajaran yang lain bisa dipilihkan yang akan mendukungnya dengan dunia musik kelak, sehingga lulus seklah pastinya anak tersebut sudah banyak hasil karya yang dia telurkan dalam hal musik.