Perhatikan 6 Hal Ini Sebelum Menyuruh Anak Remajamu

Meminta anak remaja kita untuk melakukan sesuatu apa susahnya? Tidak susah bila memang mereka adalah anak yang penurut. Tapi bila anak kita tidak termasuk di dalamnya. Mungkin akan lebih banyak susahnya.

Ada beberapa hal yang harus kau perhatikan sahabat ketika meminta tolong anak remajamu untuk melakukan sesuatu1. Tetaplah meminta dengan nada dan kalimat yang sama


Sangat mungkin permintaan kita ditanggapi dengan kalimat yang tidak baik. Bisa juga mereka menolak untuk melakukannya. Jangan terpancing untuk berdebat dengan penolakan mereka. Tetap sampaikan permintaanmu dengan nada dan kalimat yang sama.


2. Ucapkanlah terima kasih


Mereka berada di masa-masa peralihan antara anak-anak dan dewasa. Artinya meski terkadang tingkah laku mereka terkadang masih kekanak-kanakan, mereka tetap ingin diperlakukan sebagai orang dewasa. Setelah mereka melaksanakan apa yang kau pinta jangan malu untuk mengucapkan terima kasih.


3. Bila ternyata mereka tidak melakukannya, jangan terlalu sewot


Bila kau sewot dan memunculkan perdebatan maka besar kemungkin akan semakin ramai rumah tanggamu sahabat. Cukup katakan, “Tadi sore, saat Mama memintamu untuk membantu Mama, tapi kamu malah asik bermain dengan temanmu. Terkadang Mama butuh bantuanmu sayang. Dan ketika kau tidak membantu Mama saat dibutuhkan adalah sesuatu yang tidak baik.”


Cukup itu saja. Karena hal itu akan memberikan perasaan bersalah. Tanpa harusngomel-ngomel. Dan ketika mereka tetap tidak mau membantumu di waktu yang lain, cukup katakan, “Jangan lupa sayang, Mama butuh bantuanmu sekarang, jangan lupa!”


4. “Iya, Nanti”


Jawaban ini sudah sering kita dengar. Nanti bagi sebagian besar remaja berarti tidak akan. Oleh sebab itu ketika kau mendengar jawaban “nanti”. Ulangi permintaanmu dengan menambahkan “sekarang”.


5. Setengah-setengah


Mereka melakukan yang kau minta, tapi kualitasnya asal-asalan. Maka mintalah mereka melakukannya sekali lagi. Selama mereka tidak memberikan yang seharusnya, itu adalah resiko yang harus mereka tanggung. Melakukannya lagi.


6. Sekali lagi jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih


Wallahu A’lam bish Showab


Sumber artikel: I’D LISTEN TO MY PARENTS IF THEY’D JUST SHUT UP, What to Say and Not Say When Parenting Teens


Karangan: ANTHONY E. WOLF, Ph.D